Kamis, 08 Maret 2012

Tutorial Photoshop yang Menarik Untuk dicoba

Buat teman-teman yang hobi ngedit foto khususnya pake photoshop, ni dia tutorial menarik yang saya temukan di http://photoshoptutorials.ws/photoshop-tutorials/photo-effects/selective-sepia.html tapi yang ini sudah saya translate ke bahasa Indonesia si, monggo dinikmati

Preview Hasil Akhir


Selective Sepia Photoshop Tutorial

Selektif Sepia Photoshop Tutorial


Langkah 1: Buka foto ke Photoshop

Buka menu File dan pilih Buka. Browse foto yang Anda ingin menambahkan efek sepia selektif untuk dan klik OK.

Langkah 2: Buat layer penyesuaian Hue / Saturasi

Dalam palet Layers, klik pada ikon New Adjustment Layer dan pilih Hue / Saturation.
Sebuah jendela Hue / Saturation akan muncul. Dengan alat ini, kita akan menentukan mana efek sepia akan muncul. Putuskan apakah Anda ingin memilih bidang kencang sepia sesuai dengan warna gambar atau secara manual mengecat area di mana Anda ingin nada sepia.
Pilih salah satu dari berikut:

A) Pilih dengan warna

Memilih daerah sepia berdasarkan warna akan memberikan efek yang paling alami.
Pertama, menentukan warna pada foto yang ingin Anda simpan. Kemudian, pilih dari drop down mengedit warna masing-masing dalam daftar kecuali untuk warna yang Anda ingin menyimpan dan mengurangi saturasi untuk -100. Misalnya, untuk menjaga merah di foto menggunakan pengaturan berikut:
Reds: 0 Saturasi
Kuning: -100 Saturasi
Hijau: -100 Saturasi
Cyans: -100 Saturasi
Blues: -100 Saturasi
Magenta: -100 Saturasi

B) Pilih secara manual

Secara manual memilih area kencang sepia akan membiarkan Anda menentukan tepatnya area yang Anda ingin kencang.
Mengatur saturasi master untuk -100 dan klik OK. Gambar Anda seharusnya sekarang muncul grayscale.
Aktifkan layer mask dengan mengklik pada thumbnail layer mask pada palet Layers. Pilih Eraser tool dan menghapus daerah di mana Anda tidak ingin nada sepia untuk diterapkan.

Langkah 3: Tambahkan lapisan penyesuaian Hitam Putih

Dalam palet Layers, klik pada ikon New Adjustment Layer dan pilih Black & White. Jika Anda menggunakan Photoshop CS2 atau lebih tua, pilih Hue / Saturation gantinya.
Sebuah lapisan penyesuaian Hitam Putih (atau Hue / Saturation jika Anda menggunakan Photoshop CS2 atau lebih) akan muncul. Cukup klik OK tanpa mengedit pengaturan. Lalu, mengubah modus campuran lapisan penyesuaian atas ke Overlay. Double klik kembali ikon layer untuk membawa kembali alat tersebut.
Photoshop CS2 atau lebih:
Anda akan menggunakan alat Hue / Saturation untuk menambahkan nada sepia. Tanda centang "Colorize" dan menerapkan pengaturan di bawah ini:
Photoshop CS3:
Jika Anda menggunakan Photoshop CS3, Anda dapat menggunakan penyesuaian Hitam dan Putih untuk menambahkan nada sepia. Hal ini akan memberikan pengaturan lebih disesuaikan dibandingkan dengan menggunakan Hue / Saturasi penyesuaian.
Pertama, menyesuaikan pengaturan untuk mendapatkan tampilan hitam putih yang Anda sukai. Atau, Anda dapat menggulir melalui menu preset untuk memilih salah satu dari Anda sendiri. Saya memilih Filter Merah preset untuk memunculkan warna merah dan menggelapkan langit.
Tanda cek Tint dan menyesuaikan nada untuk menciptakan efek sepia. Klik OK ketika selesai.

Hasil Akhir

Red
Merah
Blue and Cyan
Blue dan Cyan
Yellow and Green
Kuning dan Hijau
Selective Sepia Photoshop Tutorial
Merah, Kuning, dan Hijau

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...